TROUBLESHOOTING JARINGAN


Soal dan jawaban Troubleshooting Jaringan 

 

--------   

 

1. Apa yang dimaksud dengan troubleshooting? 
Jawaban : 
Troubleshooting adalah pencarian sumber masalah secara sistematis dan penanganan masalah yang benar hingga masalah tersebut dapat terselesaikan.

2. Apa yang dimaksud dengan lapisan fisik,dan berikan contohnya 1! 
Jawaban : 
Lapisan fisik atau lapisan physical merupakan lapisan pertama dalam model OSI layer, contohnya USB Physical Layer.

3. Sebutkan 5 contoh kerusakan pada lapisan fisik LAN!
Jawaban :
1. Kabel LAN yang rusak
2. Masalah pada jaringan
3. Kerusakan yang terjadi pada kabel atau konektor
4. Gangguan atau kerusakan pada Switch/HUB
5. Masalah jaringan karena kegagalan pada piranti jaringan.


4. Sebutkan 4 masalah yang dapat didefinisikan pada lapisan fisik!
Jawaban :
1. tampilan NIC di control panel belum dinyalakan
2. Icon Network connection tetap  berwarna kuning dan berigio error
3. Icon Networking muncul tapi tidak dapat terhubung ke BIOS
4. Icon Networking terus berputar-putar.


5. Sebutkan dan jelaskan tanda-tanda kartu LAN card mengalami kerusakan!
Jawaban :
1. LAN Card tidak terdeteksi pada device manager padahal statusnya masih enable di BIOS.
2. LAN Card terdeteksi namun tidak dapat terkoneksi dengan jaringan.


6. Sebutkan macam-macam gangguan atau kerusakan pada hub/switch!
Jawaban : 
1. Port yang rusak
2. Lampu indikator rusak
3. Kabel power blank.


7. Sebutkan indikasi pada kabel dan koneksi jaringan!
Jawaban : 
1. Kabel tidak di Krimping dengan benar
2. Kerusakan pada konektor.
3. Tembaga kabel yang terputus secara tidak sengaja.


8. Bagaimana analisa dan penanganan pada koneksi antara komputer dengan access point yang lambat! 
Jawaban : 
1. Setting dan konfigurasi yang kurang benar, penanganannya adalah Setting dan konfigurasi kembali dan pastikan sudah dilakukan dengan benar.
2. Virus pada jaringan, penanganannya adalah hapus Virus dan berikan proteksi virus di jaringan.

3. Kesalahan yang terjadi saat pengkrimpingan kabel, penanganannya adalah buat kembali kabel dan pastikan sudah di krimping dengan benar.

9. Bagaimana analisa dan penanganan pada printer yang tidak dapat diakses pada komputer lain!  
Jawaban : 
Periksa pada device manager apakah device jenis printer yang dipakai sudah terinstal atau belum. Jika belum silahkan instal device jenis printer di Laptop atau PC.

10. Bagaimana indikasi dan penanganan kerusakan jaringan karena terkena virus!
Jawaban : 
Memakai proteksi virus atau anti virus pada jaringan dan memasangnya di dalam access point atau pada saat konfigurasi jaringan.


Komentar